Liburan akhir tahun lalu, kami sekeluarga pergi ke Melbourne untuk menghabiskan liburan Natal di sana selama 4 hari, ini merupakan liburan pertama kali sekeluarga di kota Melbourne. Untuk perjalanan dari Sydney ke Melbourne, terdapat berbagai macam altenatif transportasi yakni dengan pesawat, kereta api, bus maupun mobil. Kami memilih menggunakan mobil agar kami bisa menikmati pemandangan di tempat-tempat yang kami lalui sepanjang perjalanan dari Sydney ke Melbourne.

Hari 1: Selasa, 27 Desember 2011
Perjalanan dimulai dari rumah jam 5 pagi dengan tujuan ke Albury sebagai perberhentian pertama, dimana nantinya kami akan makan siang di sana. Jalanan luar kota di Australia memang sangat bagus dan sangat nyaman buat kita yang senang driving, karna kondisi jalan yang baik, pemisah antara 2 jalur juga sangat luas serta yang pasti kita akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang masih sangat alami dan indah.

Jalanan Luar Kota Sydney

Perjalanan ke Albury dari Sydney ditempuh sekitar 6 jam, selama perjalanan kami disuguhkan dengan berbagai pemandangan yang sangat menarik, mulai dari padang rumput, kincir angin dan lain-lain.

Kincir angin

Untuk mengusir rasa jenuh selama perjalanan yang panjang ini, kami membawa buku-buku dan mainan Abigail, agar Abigail tidak merasa bosan selama perjalanan yang lumayan panjang ini.

Abigail asyik dengan gambarnya

Sekitar jam 12 siang, sampai juga kami di perberhentian pertama kami yakni di Albury. Berdasarkan itenary yang telah kami susun, kami rencananya akan makan siang di Thai Lotus Flower yang terletak di Dean Street, tetapi ternyata sesampai di sana, restorannya tutup pada hari tersebut. Jadi akhirnya setelah sempat berkeliling beberapa saat, akhirnya pilihan kami jatuh pada Subway, karna memang ternyata agak susah mencari makanan di sana.
Setelah membeli Subway, kami pun segera melanjutkan perjalanan kami ke Melbourne, kira-kira sekitar jam 4 sore sampai juga kami di kota Melbourne.

Tram - Transportasi di Melbourne

Setelah check-in di City Egde Service Apartment yang terletak di Elizabeth Street, kami pun memulai pertualangan kami berkeliling di kota Melbourne dengan berjalan kaki, memang kota-kota di Australia enak dinikmati dengan berjalan kaki menikmati berbagai pemandangan yang ada, terdapat banyak sekali bangunan tua yang bentuknya unik-unik sekali, termasuk di Melbourne ini, selain dengan berjalan kaki, kita juga bisa menyewa sepeda di beberapa spot yang ada untuk menikmati kota Melbourne ini.

Penyewaan Sepeda

Karna hari sudah lumayan sore dan perut juga sudah lapar, karna tadi siang cuma makan Subway, segera kami menuju ke Melbourne Central bertemu dengan Nico dan Nita yang ternyata juga menghabiskan liburan di Melbourne, kami pun bertemu di Menya Japanese Noddle Cafe, dimana menu favorit menurut rekomendasi yang ada, yakni Spicy Gyu Tan Don/Ox Tongue Rice alias lidah sapi.

Spicy Gyu Tan Don/Ox Tongue Rice

Well, kami pun memesan menu tersebut, dan setelah dicoba…ehmm….memang tiada dua-duanya, enak banget…. saking enaknya, kami pun akhirnya memesan untuk dibungkus untuk kami bawa besok sebagai bekal makan siang kami ke Twelve Apostles – Great Ocean Road.
Selesai makan, kami pun jalan-jalan di Swatson Street, China Town, Flinders Station

Abigail duduk di patung Wombat

Sekitar jam 9 malam, kami pun memutuskan untuk balik ke Hotel agar kami bisa beristirahat, karna besok pagi sekitar jam 7 pagi kami akan berangkat ke Twelve Apostles.

Foto-foto lain bisa dilihat di sini